Selasa, 09 September 2014

Tugas1

Tempo hari kami mendapatkan tugas dari dosen untuk menjawab pertanyaan mengenai “Apa saja masalah sosial yang ada disekitar anda, dan bandingkan dengan masalah soial di tanah Arab ketika Nabi Muhammad SAW. masih mendakwahkan Islam pertama kali.

Jawab

Setelah melakukan pengkajian dan perenungan dengan beberapa sumber referensi buku mengenai pertanyaan yang ada, kami mendapati bahwa perjudian, mengundi nasib, dan syirik, dengan mensyakrakkan suatu tempat untuk meminta pertolongan atau wangsit. Semua hal ini sangat relevan dengan masalah social yang timbul pada zaman dakwah Islam pertama kali oleh Nabi Muhammad SAW.
Seperti contohnya saja di daerah kami, beberapa waktu lalu telah diselenggarakan kegiatan budaya yang diberi nama “Festival Serayu” oleh pemerintah kabupaten. Dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat satu agenda yaitu “larung serayu”  yang di dalamnya berupa pemberian sesembahan/sesajen untuk sungai serayu yang mengalir sepanjang daerah kami. Kegiatan ini tentunya tidak lepas dari campur tangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga dibuanglah hal yang bersifat klenik. Namun sayang, pada kesempatan kegiatan budaya yang lain yaitu “Dieng Culture Festival”  MUI sama sekali tidak mengambil andil dalam kegiatan tersebut.
Berbeda dengan yang lain yaitu adanya perbedaan status gender yang memunculkan pemikiran tentang kesetaraan, pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat juga masih kerap dilakukan. Diantaranya, pelacuran, alkoholisme/pemabuk, dan adanya budaya materiil. Masyarakat juga masih banyak yang terikat dengan tahayul dan adat istiadat yang turun temurun contohnya saja, apabila kita tersesat di jalan, hendaknya baju dibalik. Inilah yang memunculkan adanya degradasi kehidupan social, pemaknaan terhadap suatu hal sering kali hanya sebatas makna harfiah saja. Jadi menurut saya pribadi, masalah-masalah sosial yang muncul sebenarnya hamper seruapa dengan masalah social yang muncul pada saat zaman Nabi Muhammad SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar