Selasa, 16 September 2014

Tugas2

Faktor-faktor apa yang menyebabkan Nabi Muhammad SAW dapat disebut sebagai “Super Social Worker” (Pekerja Sosial Agung)?
Jawab
·    Kesabaran dan bijaknya beliau dalam bersikap
Hal ini terlihat dari peristiwa Nabi saat hijrah ke Thaif Nabi Muhammad SAW untuk berlindung ke Thaif, dengan harapan masyarakat Thaif berkenan mendengar dakwah Islam. Dan perjalanan ke Thaif ini sebenarnya tidaklah mudah, mengingat sulitnya jalan yang disebabkan gunung-gunung yang tinggi yang mengelilinginya Akhirnya Beliau sampai di Thaif  bersama Zaid bin Tsabit. Akan tetapi, setiap kesulitan itu menjadi mudah bila berada di jalan Allah. Selama sepuluh hari tinggal di Thaif Nabi menyampaikan seruan tauhid meskipun ada yang mau menerima dakwah Islam, akan tetapi penduduk Thaif justru banyak yang menolak beliau dengan penolakan yang lebih buruk.
Mereka menyuruh anak-anak kecil untuk melempari beliau dengan batu, sehingga kedua tumit beliau berdarah. Akhirnya, beliau kembali melalui jalan semula menuju Makkah dalam keadaan sedih dan susah. Lalu Jibril bersama malaikat gunung menghampirinya. Jibril memanggil beliau dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mengutus kepadamu malaikat gunung untuk kamu suruh sesuai keinginanmu”. Setelah itu malaikat gunung berkata: “Hai Muhammad, jika kamu mau, aku akan meruntuhkan kedua benda keras ini (maksudnya, dua gunung yang mengelilingi Makkah) di atas mereka”. Nabi menjawab: “Justru saya mengharap agar Allah mengeluarkan dari keturunan mereka, orang yang mau menyembah Allah Yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya”.
·    Kemuliaan akhlaq beliau yang didasarkan kepada ajaran Allah yang dibawanya.
·    Beliau dilengkapi dengan kecakapan-kecakapan tertentu seperti dari segi sosial, politik, ekonomi maupun dalam segi kehidupan beragama.
·    Beliau telah memberikan contoh teladan yang luar biasa bagi manusia dalam segala kehidupan dan berlaku sepanjang masa.
·    Beliau memiliki rasa toleransi yang begitu luar biasa.
·    Beliau merupakan sosok pemimpin yang didamba
·    Beliau sangat memperhatikan masalah pendidikan
·    Dalam menyampaikan dakwah beliau menggunakan cara damai tanpa kekerasan
·    Kecerdasan dalam berbagai hal
Dari semua hal diatas maka pantaslah kiranya Nabi Muhammad SAW dapat disebut sebagai Pekerja Sosial Agung karena berbagi aspek mengenia Pekerja Sosial telah ada dan melekat pada diri Nabi Muhammad SAW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar