Selasa, 23 September 2014

Tugas3

Pertanyaan
Pelajaran apa saja yang dapat kita petik dari sejarah masa Khulafaurrasyidin?
Jawab
·    Ketakwaannya.
    Para Khulafaurrasyidin adalah sebagai sosok muslim yang paling takut kepada Allah SWT. Ketaqwannya kepada Allah SWT tidak dapat diragukan lagi. Mereka sebagai contoh kaum muslimin dalam menjalankan syariat Islam. Mereka adalah manusia yang paling dekat kepada Allah SWT paling rajin beribadah , dan orang yang paling takut berbuat maksiat kepada Allah swt serta orang yang paling lembut hatinya ketika dinasehati, tetapi paling keras dalam mempertahankan prinsip.
·    Kesederhanaannya.
Para Khulafaurrasyidin kehidupan sehari-harinya sebagaimana kebanyakan manusia kaum muslimin pada umumnya. Pakaian makanan , rumah dan gaya kehidupannya tidak berbeda dengan kaum muslimin pada umumnya. Sehingga waktu utusan raja Romawi ingin bertemu dengan khalifah Umar, ia sendiri sedang mengaduk semen. Rumah khalifah Umar binKhatab yang tidak berbeda dengan rumah penduduk pada umumnya.
·    Aspiratif (Suka menerima sumbangsaran dan masukan)
Suatu hari ketika Khalifah Umar sedang berceramah dihadapan umat dan memberi tausyiyahnya ,tiba-tiba seorang rakyat jelata mengatakan kepada Khalifah Umar: Aku akan meluruskan dengan pedang ini jika engkau menyimpang . Dengan senyum Khalifah Umar menjawab : Alhamdulillah,masih ada kaum muslimin yang bersedia meluruskan Umar. Umar juga pernah meminta pendapat dari seorang ibu tentang berapa lama sebaiknya ada pergiliran tugas bagi tentara muslim. Oleh ibu tersebut dijawab 4 bulan. Umar akhirnya mengambil keputusan dari masukan seorang ibu tersebut.
·    Menghormati hukum.
Khalifah Ali pernah kalah di pengadilan dalam perkara tuntutan atas hak pakaian perangnya yang hilang dan ditemukan oleh seorang Yahudi. Hakim menolak klaim khalifah Ali karena hanya mendatangkan saksi anaknya, Hasan. Karena keadilan tersebut orang Yahudi itu masuk Islam dan mengaku bahwa ia menemukan pakaian perang itu di tempat umum. Tetapi khalifahAli enggan menerimanya karena ia sudah kalah di pengadilan.
·    Menegakan hukum tanpa pandang bulu dan berprilaku  adil
Khalifah Umar pernah menghukum anak Amru bin Ash yang memukul orang Qibty (warga asli Mesir beragama Nasrani) karena kalah balapan pacuan kuda. Karena tidak terima dipukul anak Gubernur Mesir itu, ia melapor  ke Umar. Khalifah Umar memanggil Amru bin Ash, gubernur Mesir dan anaknya .Setelah dihadapannya Khalifah Umar mengatakan:Apakah kalian akan memperbudak mereka sedangkan mereka dilahirkan dalam keadaaan merdeka?
·    Mengutamakan kepentingan Umum
Umar bin Khatab mengatakan kepada para sahabatnya yang mengusulkan agar Abdullah bin Umar diangkat sebagai hakim: Demi Allah, Abdullah bin Umar tidak akan menjadi pejabat selama Umar masih hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar