Selasa, 07 Oktober 2014

Tugas6

Pertanyaan
1.    Faktor-faktor apa  saja yang menyebabkan kemunduran Islam/Umat Islam/Pemerintah Islam
2.    Bagaimana cara umat Islam bangkit kembali
Jawab
1.   
·    Luasnya wilayah kekuasaan masa itu, sementara lambatnya proses komunikasi. Bersamaan dengan itu, tingkat saling percaya dikalangan para penguasa dan pelaksana pemerintahan sangat rendah.
·    Melemahnya Baghdad sebagai pusat kekuasaan sehingga menyebabkan masing-masing provinsi dibawah kekuasaan Baghdad memisahkan/memerdekakan diri. Dan wilayah kekkuasaan saat itu menyempit hanya di Baghdad dan sekitarnya, yang menunjukkan melemahnya bidang politik.
·    Lemahnya khalifah yang menggantikan khalifa sebelumnya. Sehingga mengakibatkan mudahnya Islam dihancurkan karena terus-menerus ditekan dari luar dan rapuhnya pondasi yang ada di dalam.
·    Kondisi politik yang tidak stabil menyebabkan perekonomian negara morat-marit . sebaliknya, kondisi ekonomi yang buruk memperlemah kekuatan politik.
·    Kemajuan besar yang dicapai menyebabkan para pengusaha hidup mewah (berfoya-foya) yang kemudian ditiru oleh anak-anak pejabat sehingga menyebabkan roda pemerintahan terganggu dan rakyat menjadi miskin.
·    Beberapa peperangan yang menelan banyak korban seperti Perang Salib dan serangan bangsa Mongol ke wilayah kekuasaan Islam.
·    Hilangnya prinsip dan tidak memiliki paradigma dalam hidup serta konsep hidup yang tidak jelas.
·    Terjadinya perpecahan di kalangan umat.
·    Rendahnya peran masyarakat terhadap agama.

2.
·    Memperdayagunakan Sumber Daya Alam (SDA) dan tentunya diawali dengan memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
·    Mempelajari kembali sejarah perjuangan umat Islam sehingga dapat meraih kejayaan kembali.
·    Menegakkan pemerintahan yang didasarkan pada pemikiran untuk memunculkan pemecahan-pemecahan praktis untuk menanggulangi segala persoalan kehidupan.
Terbukanya pemikiran umat dalam menghadapi problem yang muncul sehingga dapat memunculkan inovasi-inovasi yang akan membawa pada kebangkitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar