Selasa, 07 Oktober 2014

Tugas5

Pertanyaan
Mengapa (faktor-faktor apa saja yang menyebabkan peradaban Islam maju)? Dari segi Politik/Pemerintahan, Ekonomi (Perdagangan), Pendidikan, Militer, Sumber Daya Manusia, Agama.
Jawab
·    Ilmu Pengetahuan
Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan peradaban Islam secara menyeluruh, tidak terlepas dari berbagai faktor yang mendukung. Diantaranya adalah kebijakan politik pemerintahan Bani Abbasiyah terhadap masyarakat non Arab (Mawali), yang memiliki tradisi intelektual dan budaya riset yang sudah lama melingkupi kehidupan mereka. Mereka diberikan fasilitas berupa materi atau finansial dan tempat untuk terus melakukan berbagai kajian Ilmu Pengetahuan melalui bahan-bahan rujukan yang perna ditulis atau dikaji oleh masyarakat sebelumnya.
Dengan dikuasaiya wilayah baru oleh Islam menyebabkan keinginan untuk belajar bahasa Arab sebgai pengantar di wilayah-wilayah tersebut. Orang-orang yang baru masuk Islam dari daerah-daerah yang ditaklukkan harus belajar bahasa Arab jika mereka ingin belajar lebih mendalam tentang ajarab Islam. Dan adanya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu mengalami perkembangan ilmu pengetahuan. Serta berdirinya perpustakaan-perpustakaan dan menjadi pusat penterjemahan dan kajian Ilmu Pengetahuan.
·    Politik/Pemerintahan
Pada masa Umayyah, bidang Politik telah mengalami kemajuan dan perubahan, sehingga lebih teratur dibandingkan dengan masa sebelumnya, terutama dalam hal khilafah (kepemimpinan). Dibentuknya Al-Kitabah (Sekretariat Negara), Al-Hijabah (Ajudan), Organisasi Keuangan, Kehakiman dan Tata Usaha Negara.
Pada masa selanjutnya, yaitu kekuasaan Bani Abbasiyah mendapat pengaruh dari Persia. Pendekatan terhadap kaum Malawi dilakukan antara lain dengan mengadopsi sistem Administrasi dari tradisi setempat (Persia) mengambil beberapa pegawai dan Menteri dari bangsa Persia dan meletakkan ibu kota kerajaannya di Baghdad di wilayah yang di kelilingi oleh bangsa dan agama yang berlainan seperti bangsa Aria dan Sumit dan agama Islam, Kristen, dan Majusi. Pada masa pemerintahan Al Mansur (Abbasiyah), beliau melakukan konsolidasi dan penertiban dalam pemerintahannya serta berusaha menaklukkan kembali daerah-daerah yang sebelumnya membebaskan diri dari pemerintahan pusat dan memantapkan keamanan di daerah perbatasan.

·    Militer
Kekuata militer pada masa bani Abbasiyah jauh lebih berkembang dari masa sebelumnya. Sebab diberlakukannya Undang-Undang wajib Militer (Nizhamut Tajnidil Ijbary). Sedangkan pada masa sebelumnya, yakni masa khulafaurrasyidin, tentara merupakan pasukan sukarela. Politik ketentaraan Bani Umayyah adalah politik Arab, dimana tentara haru dari orang Arab sendiri atau dari unsur Arab.
Adapun Janisary ialah pasukan elit khilafah Usmani yang konon ditakuti dunia. Pasukan infanteri ini dibentuk oleh Sultan Murad 1 dari kekhalifahan bani Seljuk. Pasukan Janisary berasla dari bangsa Eropa Timur yang wilayahnya berhasil dikuasai oleh Turki Usmani. Selanjutnya perekrutan pasukan ini ialah budak yang masih bocah, sehingga mereka bisa diajari (didoktrin) untuk membela dan mengawal Sultan.
·    Sumber Daya Manusia
Metode-metode berpikir yang digunakan para filosof Yunani telah memberikan motivasi bagi ilmuwan muslim untuk lebih banyak berkarya dalam kemajuan pendidikan Islam sehingga muncul nama-nama seperti Jabir Ibn Hayan, Al-Kindi, Al-Razi, Al-Khawarizmi, Al-Farabi, Ibnu Ummar Khayyan, Ibnu Rusyd dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar